You need to enable javaScript to run this app.

Profil Lulusan Psikologi Unjani

  • Jum'at, 31 Mei 2024
  • administrator
  • 0 komentar

Profil Lulusan

Deskripsi

Konselor Psikologi

Lulusan Sarjana Psikologi yang berprofesi sebagai konselor di sekolah, biro psikologi, intansi/lembaga baik itu pemerintahan, kemasyarakatan maupun swasta. Profil lulusan ini memiliki kemampuan membangun relasi dalam rangka membantu klien mengembangkan kemampuan atau pengetahuan untuk memecahkan masalah psikologis non klinis yang dialami individu dan kelompok dalam setting organisasi, industri, pendidikan, masyarakat dan militer, sesuai Kode Etik Psikologi yang berlaku dengan menggunakan dasar pemahaman teori-teori psikologi.

 

Pelaku dalam bidang Sumber Daya Manusia

Lulusan Sarjana Psikologi yang berprofesi sebagai tenaga profesional di bidang Sumber daya manusia yang meliputi recruitment, assessment, penempatan, pelatihan, pengembangan dan sebagainya. Profil lulusan ini memiliki kemampuan mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan karyawan/ pegawai/ pekerja di organisasi, industri maupun instansi, termasuk instansi Militer, untuk meningkatkan produktivitas dan mencapai tujuan organisasi dengan menggunakan dasar-dasar teori dan disiplin ilmu psikologi sesuai kode etik psikologi yang berlaku.

 

Peneliti Tingkat Dasar

Lulusan Sarjana Psikologi yang berprofesi sebagai peneliti tingkat dasar di perusahaan bagian riset atau Lembaga penelitian baik pemerintah maupun swasta. Profil lulusan ini memiliki kemampuan melakukan penelitian tingkat dasar (kuantitatif maupun kualitatif) dan mengembangkan alat ukur (kognitif - non kognitif), yaitu berupa pengumpulan data, pengorganisasian data, identifikasi dan perumusan masalah, memilih metode penelitian dan mengembangkan alat ukur yang sesuai dengan kebutuhan terkini, mengolah dan menganalisa opini dan data untuk memecahkan masalah gejala psikologis non-klinis baik pada individu, kelompok, organisasi, atau komunitas dalam masyarakat (termasuk dalam lingkungan Militer), yang berdasar pada teori dan konsep psikologi, kaidah ilmiah dan kode etik Psikologi.

 

Asisten Psikolog dan Terapis Psikomotor

Lulusan Sarjana Psikologi yang berprofesi sebagai asisten psikolog dan terapis psikomotor di berbagai biro Psikologi, Rumah Sakit atau Klinik tumbuh kembang. Profil lulusan ini memiliki kemampuan membantu psikolog menjalankan peran dan fungsinya dengan melakukan persiapan dan serangkaian administrasi pemeriksaan psikologi (menyiapkan tools asesmen, menyusun panduan observasi dan wawancara, melakukan pemeriksaan, skoring dan menyajikan data pemeriksaan yang diperlukan untuk proses evaluasi oleh psikolog), serta membantu pelaksanaan terapi psikologi dalam memfasilitasi perubahan dan pengembangan diri yang dapat menunjang kesejahteraan psikologis individu sesuai Kode Etik Psikologi yang berlaku.

 

Pelaku Usaha Mandiri

Lulusan Sarjana Psikologi yang melakukan usaha mandiri. Profil lulusan ini memiliki kemampuan untuk mendeskripsikan perilaku dan proses mental konsumen, pelaku bisnis, usaha kecil dan menengah; mampu untuk memprediksi kecenderungan perilaku dan proses mental pasar dan kegiatan usaha kecil menengah; memiliki pengalaman dalam memetakan perilaku pasar dan kegiatan usaha; memiliki kemampuan membangun usaha mandiri berskala kecil dan menengah dengan memperhatikan kehalalan dan kode etik Psikologi yang berlaku.

 

Pengembang Komunitas

Lulusan Sarjana Psikologi yang berprofesi sebagai pengembang komunitas baik itu di Lembaga pemerintahan ataupun masyarakat/swadaya. Profil lulusan ini memiliki kemampuan untuk menganalisa permasalahan komunitas, melakukan konsultasi program intervensi komunitas, melakukan perencanaan program komunitas, melaksanakanpromosi dan intervensi pengembangan komunitas, serta melakukan evaluasi program intervensi komunitas dalam berbagai level analisis: individual, micro system, organisasi, masyarakat, dan macro system, sesuai kode etik Psikologi yang berlaku.

 

Psy Content Creator

Lulusan Sarjana Psikologi yang berprofesi sebagai perancang content psikologi, salah satunya  melalui media sosial. Profil lulusan ini memiliki kemampuan untuk membuat perencanaan, melakukan proses produksi, mengevaluasi dalam proses pembuatan konten psikoedukasi/ diseminasi/ penyuluhan/ penyiaran dengan prinsip-prinsip literasi digital yang anti hoax serta sesuai kode etik Psikologi yang berlaku.

 

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

Linda Ernawati, M.Psi., Psikolog

- Ketua -

Sambutan Ketua Program Studi S1...

Berlangganan
Banner